
Liburan sebentar lagi. Pastinya tak sedikit
dari Anda yg mudik menggunakan sepeda motor. Sebelum mudik seharusnya kita
melakukan pengecekan komponen sepeda motor agar layak jalan. Salah satu
komponen yang paling penting dan akan kita bahas adalah Karburator. Nah, dalam artikel ini saya akan berbagi
sedikit pengalaman tentang bagaimana cara menangani/ menservice komponen motor
yang satu ini.
Karburator adalah sebuah alat yang mencampur
udara dan bahan bakar agar bisa dibakar sempurna didalam mesin. Nah pertanyaanya adalah bagaimana cara
menservice Karburator? Lantas mengapa harus diservice? Disini saya akan memberi
sedikit ilmu dan memberi masukan lebih baik mencoba dari pada tidak sama
sekali, dan atas dasar itulah saya bisa melakukan urusan service karburator saya
sendiri hingga sekarang,dan hal ini sangat mudah di lakukan bagi Anda semua yang aktifitas sehari-hari biasa
menggunakan sepeda motor, adakalanya Anda dapat meluangkan sedikit waktu luangnya untuk melakukan service
karburator tersebut dan mungkin ini akan menjadi ilmu baru meskipun Anda bukan seorang mekanik. Dan tentunya
memiliki keuntungan tersendiri yaitu memiliki pengetahuan tentang mekanik meski
sedikit, serta menghemat uang saku karena tidak seperti biasanya yaitu
mengeluarkan uang service.
Perlu kita ketahui ada beberapa faktor gejala
yang menyebabkan karburator ini harus di service antara lain :
1. Pada saat
melaju motor terasa ngempos/merebet/ bahkan tiba-tiba mesin mati : bisa jadi komponen
karburator kotor.2. Tidak seperti biasanya mesin susah sekali dihidupkan pada pagi hari : bisa jadi komponen karburator kotor.
3. Akselarasi handle gas sama laju kecepatan tidak sesuai : Settingan Langsam / bisa jadi komponen karburator kotor/ setelan langsam yang tidak sesuai.
4. Motor terlalu sering kena air terutama dipakai saat hujan atau karena terlalu sering Steam/cuci : bisa jadi komponen karburator kotor kemasukan air.
Langkah-langkah membongkarnya adalah sebagai berikut:
1. Buka body motor menggunakan obeng + (utamakan body depan)
2. Lepas filter dan selang-selang yang ada dalam
filter
3. Buka baut karburator dari intake
manifold/leher angsa. Jika baut tidak bisa dijangkau lepas intake manifold juga
bisa (menggunakan kunci ring 8)
4. Lepas packing (Sekat antara karburator dengan
intake manifold)
5. Lepas tutup skep dan tarik skep keatas.
6. Setelah karburator lepas, tampung bensin sisa
kedalam baskom
7. Buka baut + bagian bawah karburator dengan
menggunakan obeng +
8. Setelah terbuka lepas pilot jet dan main jet
dengan menggunakan obeng –
9. Keluarkan bensin dari tangki sedikit saja
untuk membersihkan karburator. Caranya adalah dengan menyedot selang vakum yg
ada di intake manifold atau membuka kran bensin jika ada.
10. Rendam body karburator, pilot jet dan main
jet kedalam bensin
11. Bersihkan body karburator, pilot jet, dan
main jet menggunakan kuas yg sudah kita rendam bensin juga
12. Setelah itu tiup pilot jet dan main jet
menggunakan mulut, jangan sampai ludah ikut tertiup kedalamnya. Gunakan
kompressor jika ada
13. Pastikan semuanya bersih
14. Pasang kembali pilot jet dan main jet kedalam
body menggunakan obeng –
15. Usahakan kencang
16. Tutup kembali body bawah karburator dengan
baut + dan gunakan obeng +
17. Pasang kembali intake manifold jika dilepas
18. Pasang packing karburator
19. Pasang skep dan tutup dengan rapat.
20. Pasang karburator ke intake manifold, pasang
bautnya juga, dan kencangkan dengan kunci ring 8
21. Pasang kembali filter dan selang-selangnya
22. Cek lagi apakah sudah terpasang dengan benar.
23. Pasang kembali body motor.
24. Starter dan panaskan
25. Setel stasioner dan angin-angin karburator
agar campurannya pas
Test
Drive !!
0 komentar:
Posting Komentar
Click to see the code!
To insert emoticon you must added at least one space before the code.