Selasa, 05 Agustus 2014

Satu Charger Akan Digunakan Untuk Semua Jenis Laptop


Pusing kan memilih mana saja jenis charger yang compatible sama laptop kita? Buat orang yang sering membawa beberapa laptop sekaligus, hal ini bisa memusingkan karena banyaknya jumlah charger yang harus diboyong kala bepergian. Belum lagi kalau rusak, bisa sulit cari penggantinya.

Nah, pada masa depan nanti, semua kerepotan itu mungkin tak akan terjadi lagi karena semua laptop bakal menggunakan standar charger yang sama (universal), mirip dengan smartphone masa kini yang kebanyakan memakai port untuk micro-USB.

Sebagaimana dilaporkan oleh ArsTechnica, spesifikasi charger tersebut sedang disiapkan oleh International Electrotechnical Commission (IEC), lembaga internasional yang bertanggung jawab menetapkan standar dunia atas berbagai peralatan elektronik.

IEC pula yang sebelumnya menerapkan standardisasi charger ponsel universal berbasis micro-USB.

Spesifikasi charger universal notebook tersebut bakal dipublikasikan pada awal 2014. Di dalamnya, IEC mengatur "semua aspek kritis yang berkenaan dengan laptop, seperti jenis konektor, keamanan, kinerja, dan pertimbangan lingkungan".

Dengan diberlakukannya standar baru ini, diharapkan jumlah sampah elektronik akan berkurang. Membeli charger baru untuk laptop juga bakal dibuat lebih mudah.

Standar charger universal semacam ini sebenarnya sudah diterapkan oleh Apple yang memakai charger MagSafe untuk seluruh lini produk laptop MacBook miliknya. Produsen lain seperti HP, Lenovo, dan Acer diperkirakan bakal mengadopsi standar baru dari IEC.

0 komentar:

Posting Komentar