Minggu, 03 Agustus 2014

Indonesia Gunakan Ponsel 3 Jam Per Hari




Penduduk Indonesia menggunakan ponsel pintar selama 189 menit per hari atau lebih dari 3 jam, menurut sebuah survei lembaga Nielsen berjudul "Nielsen on Device Meter" pada akhir 2013. Selain komunikasi, ponsel pintar juga sering digunakan untuk aktivitas hiburan.

Data Nielsen on Device mencatat, selama 62 menit per hari penduduk Indonesia menggunakan ponselnya untuk komunikasi, seperti telepon, kirim pesan teks, dan e-mail. Kegiatan hiburan seperti bermain game dan menikmati konten multimedia juga sering dilakukan penduduk Indonesia, rata-rata 45 menit per hari.

Aktivitas terlama lainnya adalah mengutak-atik dan memahami aplikasi yang baru diunduh selama 38 menit per hari, diikuti oleh aktivitas berselancar internet selama 37 menit per hari.

Aktivitas yang masih terbilang jarang dilakukan penduduk Indonesia adalah device management yang termasuk upaya membuat kinerja ponsel lebih efisien dan ringan, hingga pemakaian anti-virus.

Data tersebut diungkap oleh Telkomsel dalam acara uji jaringan jalur mudik dari Jakarta hingga Surabaya, Senin (9/6/2014). General Manager Mobile News & Directory Telkomsel Aris Sudewo meyakini, pada masa depan ponsel pintar akan lebih dimanfaatkan penduduk Indonesia untuk bekerja dan meningkatkan produktivitas.

"Sekarang penggunaan aktivitas komunikasi di ponsel masih paling besar, tapi di masa depan bisa jadi aktivitas produktivitas juga makin sering dilakukan dari ponsel pintar, apalagi kini layar ponsel sudah makin besar. Di negara maju sudah menunjukkan tanda-tanda itu," ujar Aris.

Untuk mendukung produktivitas pengguna dari perangkat ponsel, menurut Aris, dibutuhkan akses internet (data) yang cepat dan luas serta ketersediaan aplikasi. Telkomsel sendiri punya strategi turut mengembangkan ekosistem device (perangkat), network (jaringan), dan application (aplikasi).

Telkomsel saat ini memiliki sekitar 135 juta pelanggan dan sekitar 60 juta di antaranya adalah pelanggan data. Anak perusahaan Telkom ini mengklaim dirinya sebagai operator seluler terbesar di Indonesia dan terbesar keenam di dunia.

0 komentar:

Posting Komentar